Raw Cake, Si Camilan Healthy and Yummy

Monday, July 03, 2017





Lebaran udah seminggu lewat, berat badan kira-kira pada nambah berapa kilo nih? Hehe, piss.. atau ada yang tetap stabil (warbiyasak.. ). Berat saya juga stabil sih.. (stabil meningkat hehe). Nah, demi menjaga gaya hidup sehat serta berat badan yang naiknya mulai nggak asik, baru-baru ini saya ikutan cooking class bersama Mbak Nia dari Little Organic Kitchen.

Materinya Raw Cake, camilan yang belakangan ngehits. Camilan yang konon nih, nggak cuma yummy tapi juga baik untuk tubuh, karena bahan bakunya terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian dan buah-buahan serta mantan-mantanan. Ditambah lagi dengan pembuatannya yang tidak melalui proses pemanggangan.

Kue yang menyerupai pie ini biasanya terdiri dari dua bagian. Pertama kulit luar yang bisa diolah dari campuran aneka biji-bijian seperti wijen, flax seed chia seed dan kacang-kacangan. Berikutnya isian yang bisa diambil dari umbi-umbian atau buah-buahan. Diantaranya ubi ungu, labu kuning, alpukat, mangga dan strawberry.

Berikut ini resep salah satu kreasi raw cake yang saya dapat dari hasil berguru pada Mbak Nia. ‘Raw Cake Ubi Ungu’.

Kulit Luar
100 gram kacang kenari/kacang mede
100 gram wijen putih
50 gram flax seed
50 gram chia seed
Lima sendok makan olive oil
Dua sendok makan gula kelapa
3 buah kurma buang bijinya haluskan.
Haluskan kacang kenari, wijen putih, flax seed, dan chia seed hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan bahan-bahan lainnya hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Cetak dalam loyang hingga rata menutup bagian dasar dan pinggirannya. Masukan dalam lemari pendingin hingga adonan membeku.

Isian
200 gram ubi ungu dikukus
150 mililiter santan kelapa
1 sendok makan gula singkong


Ini dia sebagia dan bahan bakunya. Ubi ungu, kacang-kacangan, biji-bijian, parutan kelapa kering.

Blender bahan-bahan tersebut hingga menjadi puree yang halus. Setelah halus masukkan potongan buah kering atau parutan kelapa kering (ini optional sih, kalau saya suka yang nggak ada parutan kelapa keringnya, makanya di resep nggak saya masukan kekeke). Kemudian masukan adonan filling ini ke dalam loyang yang sudah diberi kulit luar. Bekukan di freezer lebih kurang 1 jam.

Agar tampilan lebih menarik bisa tambahkan topping yang juga berasal dari buah-buahan. Seperti manggis, kiwi, jeruk, strawberru dan mangga atau potongan dari kacang-kacangan.


Jadinya kayak kini 'Raw Cake Ubi Ungu'. Itu harusnya loyangnya dilepas, tapi belum beku-beku amat jadi belon dilepas hehe. 

Oya selain Raw Cake Ubi Ungu, ada juga Blueberry Cheesecake. Kalau yang ini semacam jalan tengah bagi yang belum terbiasa mengonsumsi raw cake. Karena masih ada kandungan sedikit tepung terigu dan isiannya cream cheese.


Blueberry Cheesecake buatan Mbak Nia. Cream cheese-nya lumer di lidah, uwuwuw









You Might Also Like

0 comments

Blogger Perempuan